16/02/11

HELLA FLUSH







Ini mungkin salah satu fenomena yang “kembali” terjadi di masyarakat automotive Indonesia. Sempat booming pada era 80-an walaupun terkenal dengan nama beda (pada era itu hella flush lebih beken dengan gaya donat).

Dan, kembali Hella Flush menjadi banyak perbincangan orang pada 6 bulan terakhir ini .Bukan sesuatu yang luar biasa, lantaran gaya modifikasi juga mirip dengan gaya fashion pada baju dan genre pada music, dimana semua itu terus berputar.

Hella flush sendiri adalah sebuah gaya street fashion pada mobil-mobil modifikasi yang kerap menggunakan velg dengan durasi ekstra lebar, offset minim (bahkan bisa 0 atau minus) dan pengubahan ukuran lebar ban yang “tidak sesuai” dengan lebar velg dengan harapan ban akan “narik” dengan kontur membulat mirip dengan kue donat. Dan ini masih ditambah dengan jarak bodi yang cenderung ceper.

Namun mungkin belum banyak yang tahu, Hella Flush ini secara keseluruhan. Dan mungkin artikel kali ini bisa banyak membantu memeperluas wawasan kita.

HELLA, merupakan “adjective” yang mulai beken di kota San Francisco tepatnya di daerah pantai, dimana kata Hella sering sekali dipakai untuk sesuatu yang berarti “super”, “sangat”, “lebih”, “dominan dan powerfull” dan sebagainya.sebagai contoh adalah “this car has hella power yang berarti mobil ini punya tenaga yang gila atau dahsyat”. Bahkan Hella juga bisa diartikan sebagai “adverb” seperti he’s hella runnin’.

Flush, secara umum diartikan sebagai jarak yang “pas” antara velg, ban, chassis dan fender. Semakin dekat jarak antara velg-ban dengan bodywork maka akan semakin terlihat “hella flush”. Ini juga bisa dikombinasikan antara sudut chamber dengan sebanyak apa ban akan mempunyai efek “narik” setelah berjodoh dengan velg lebar. Harap sebagai catatan,semakin besar jarak tarik sebuah ban dengan velgnya, maka akan semakin besar pula kemungkinan efek ceper yang akan diraih. Dan itu artinya akan semakin hella flush.

Ada beberapa faktor penting yang memungkinkan kita bisa semakin Hella Flush, yaitu :

  1. Buat mobil kamu seceper mungkin, walaupun itu otomatis akan sangat mengorbanakan kenyamanan.
  2. Cari velg dengan lebar dan offset yang bagus.
  3. Buat karakter ban dengan gaya se-donat dan se-narik mungkin. Cari ban dengan design wall yang bagus dan juga kuat.
  4. Shave door, shave trunk, shave gas hole dan membuat segala sesuatu menjadi polos dan kelimis akan membuat mobil kamu lebih hella flush.
Ada yang lucu dan sedikit kotradiktif dengan adanya gaya hella flush ini. Sebenarnya mobil memang di rancang dan diciptakan untuk dikendarai di jalanan dan untuk menempuh berbagi kondisi baik itu normal atau ektrim sekalipun. Namun, hella flush adalah sebuah aliran yang murni fashion dan kosmetik. Suka tidak suka take it guys. Tetapi dengan hella flush gaya mobil menjadi lebih agresif, progresif dan juga mendapatkan sebuah ekspektasi lebih dan respect!!! Dan itu yang tidak didapatkan dari mobil standar. Walaupun gaya in itidak akan mendapatkan salut di racetrack dan di highway karena mostly mereka ternyata lebih lambat dari mobil pada umumnya. Tetapi ini hanya sebuah pilihan gaya dan itu sah-sah saja. So, you look so hella…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar